Selasa, 28 April 2015

Latihan Pelayanan Bahan Pustaka

LATIHAN TUGAS TUTORIAL

Kode/ Mata Kuliah     :  PUST2135/ Pelayanan Bahan Pustaka
Nama Tutor                 :  Dian Puspita, M.Pd.
Semester                      :  I (Satu)
 


1.        Fungsi layanan perpustakaan tak boleh menyimpang dari tujuan perpustakaan itu sendiri, yaitu …
A.       Perpustakaan sekolah harus menyediakan bahan untuk penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
B.       Perpustakaan umum melayani masyarakat umum tanpa memandang perbedaan usia, suku, jenis kelamin, maupun jenjang pendidikan
C.       Perpustakaan khusus

2.        Agar layanan pembaca dapat diselenggarakan dengan sebaik-baiknya maka …
A.       Layanan teknis dikerjakan sebaik mungkin
B.       Pustakawan harus terdidik
C.       Layanan video dan bahan audio video lainnya harus lengkap

3.        Kalau kita akan memberikan layanan perpustakaan pada hari minggu hendaknya …
A.       Ditanyakan dahulu kepada para pembaca
B.       Diadakan penelitian yang teliti saat yang paling tepat
C.       Waktu peminjamannya lama

4.        Sistem peminjaman hendaknya mengurangi kemacetan dalam pelayanan, ini adalah …
A.       Syarat minimum
B.       Syarat tambahan
C.       Tujuan tambahan

5.        Pinjam antarperpustakaan adalah tugas bagian …
A.       Layanan rujukan
B.       Sirkulasi
C.       Buku tandom

6.        Agar dapat menyelenggarakan “pinjam antarperpustakaan” maka harus ada …
A.       Banyak manuskrip di perpustakaan
B.       Perpustakaan akademi
C.       Persetujuan antar perpustakaan-perpustakaan yang bersangkutan

7.        Untuk memahami bagaimana cara mencari informasi di perpustakaan, maka perlu diadakan …
A.       Studi tour bersama di perpustakaan
B.       Mengundang pakar untuk mengadakan seminar di perpustakaan
C.       Menyebarkan brosur tentang kegiatan perpustakaan

8.   Mengundang seorang pengarang untuk datang di perpustakaan untuk menceritakan pengalamannya dalam menulis buku maksudnya untuk …
A.       Mempromosikan perpustakaan
B.       Menambah wawasan dan pengalaman bagi pembaca perpustakaan dan kemudian mau membaca karya-karya dari pengarang tersebut yang ada di perpustakaan
C.       Membantu pengarang agar bukunya dibeli oleh para pembaca perpustakaan

9.        Kartu buku kemudian disusun menurut tanggal harus kembali dibedakan antara buku fiksi dan buku nonfiksi. Buku fiksi disusun menurut abjad nama pengarang, sedangkan buku nonfiksi disusun menurut …
A.       Nomor klasifikasi
B.       Abjad nama pengarang
C.       Judul buku

10.    Tiap buku memerlukan tiga kartu yang menuntut waktu lama untuk mengerjakannya. Ketiga kartu tersebut adalah kartu buku, kantong kartu buku, dan batas waktu peminjaman karena …
A.       Kartu-kartu tersebut memang minimal yang diperlukan
B.       Sebenarnya kartu dan kantong kartu buku saja sudah cukup
C.       Batas waktu peminjaman bisa dibubuhkan pada bagian belakang buku saja

11.    Tesaurus gunanya ialah untuk membantu …
A.       Menentukan subjek
B.       Penelusur mencari subjek
C.       Penelusur dalam mencari topik penelitian

12.    Untuk mengetahui jarak Cirebon-Dumai bisa melihat ke …
A.       Direktori
B.       Sumber geografi
C.       Sumber biografi

13.    Untuk mengetahui alamat Wakil Presiden RI bisa dilihat pada …
A.       Buku petunjuk
B.       Buku pegangan
C.       Sumber biografi

14.    Untuk mengetahui jumlah penduduk di Indonesia tahun 1990 bisa dilihat di …
A.       Direktori
B.       Almanak 
C.       Sumber biografi

15.    Layanan ruang baca dapat dikembangkan atau diperluas menjadi ruang …
A.       Diskusi
B.       Buku tendon
C.       Untuk buku

16.    Layanan ruang baca yang utama ialah layanan …
A.       Buku-buku rujukan
B.       Meja belajar perorangan
C.       Ruang auditorium dan/ laboratorium prakarya

17.    Mahasiswa harus memiliki ketahanan membaca minimal …
A.       Satu setengah jam tiap kali
B.       Dua jam tiap kali
C.       Setengah jam tiap kali

18.    Jika kita akan mencari gagasan pokok dalam bacaan maka kita mempergunakan teknik membaca …
A.       Untuk belajar
B.       Global
C.       Mencari arah

19.    Cara memilih bacaan yang relevan ialah …
A.       Membaca resensinya di koran
B.       Membandingkan antara judul dan isi di dalamnya
C.       Mempergunakan tajuk subjek

20.    Layanan rujukan yang cukup sulit, meliputi penggunaan abstrak, indeks, ataupun pangkalan data disebut …
A.       Ready reference
B.       Penelusuran literatur
C.       Pelayanan berat

21.    Dalam memberikan penilaian untuk ensiklopedi kita perhatikan …
A.       Otoritas pengarang
B.       Edisi
C.       Ilustrasinya

22.    Sistem peminjaman modern menggunakan teknologi modern dari hari ke hari selalu menunjukkan …
A.       Kemajuan yang lebih baik
B.       Pelaksanaan peminjaman lebih cepat
C.       Peminjam buku dari perpustakaan lebih banyak

23.    Manfaat slip batas tanggal kembali yang ditempelkan di bagian belakang setiap buku, ialah agar …
A.       Pembaca yang lain mengetahui bahwa buku sedang dipinjam
B.       Petugas perpustakaan tahu bahwa buku tersebut harus dikembalikan paling lambat pada tanggal tersebut
C.       Pembaca tahu bahwa buku tersebut harus dikembalikan paling lambat pada hari yang tertera di situ

24.    Koleksi audio visual di perpustakaan diadakan agar …
A.       Pelayanan perpustakaan menjadi lebih mudah
B.       Bisa mengikuti perkembangan teknologi komunikasi
C.       Perpustakaan menjadi lebih semarak

25.    Biaya pengiriman permintaan pinjam, pengiriman buku, dan ongkos-ongkos lain dalam pinjam antarperpustakaan dibebankan kepada …
A.       Bagian layanan rujukan
B.       Peminjam
C.       Bagian sirkulasi

26.    Hal-hal yang dapat memperlancar pekerjaan pelayanan antara lain …
A.       Karena waktu pinjam antarperpustakaan dapat diperpanjang
B.       Karena tidak memandang status, pangkat, dan jenis peminjaman
C.       Ada saling pengertian antara petugas perpustakaan dengan peminjam

27.    Bahan yang tidak boleh dimasukkan dalam pinjam perpustakaan antara lain …
A.       Film mikro positif
B.       Bahan-bahan sejarah daerah
C.       Buku yang sukar didapat di toko dan harganya mahal

28.    Pemungutan uang denda dapat mendidik …
A.       Pembaca agar tidak boros
B.       Pembaca agar menghargai milik perpustakaan
C.       Disiplin pembaca maupun petugas perpustakaan

29.    Meja peminjaman memiliki bentuk dan ukuran tersendiri, misalnya bentuk L atau U. Hal ini dimaksudkan untuk …
A.       Mengamankan koleksi dan menghindari hilangnya bahan pustaka
B.       Memudahkan proses peminjaman dan kerja petugas
C.       Menjaga keindahan

30.    Kelemahan peminjaman sistem tertutup ialah …
A.       Petugas memerlukan sedikit waktu dalam melayani pembaca
B.       Buku-buku dan bahan pustaka mudah hilang
C.       Pembaca memiliki sedikit kesempatan untuk mengetahui bahan pustaka yang ada di rak

31.    Dari buku yang dipinjam, kita dapat mengukur tingkat …
A.       Sosial peminjam
B.       Ekonomi peminjam
C.       Kebudayaan peminjam

32.    Perpustakaan nasional berfungsi sebagai perpustakaan deposit, artinya …
A.       Semua penerbit harus menyerahkan hasil terbitannya
B.       Semua penerbit harus menyerahkan contoh hasil terbitannya kepada perpustakaan nasional yang disimpan
C.       Sebagai media pelestarian budaya bangsa

33.    Layanan ruang baca sangat berguna sebab memberikan kesempatan berinteraksi antara …
A.       Pembaca dengan pembaca lain
B.       Pembaca dengan pustakawan atau pengawas perpustakaan
C.       Pustakawan professional dan nonprofesional

34.    Perpustakaan minimal harus memiliki ruang sirkulasi bahan perpustakaan, ruang kerja staf, dan ruang baca. Tetapi jika kondisinya tidak memungkinkan dan hanya memiliki satu-satunya ruang, maka ruangan tersebut dapat dipakai sebagai ruangan …
A.       Sirkulasi dan ruang baca sekaligus
B.       Kerja dan ruang baca saja
C.       Kerja dan ruang sirkulasi

35.    Cara-cara di bawah ini efektif untuk mengundang pembaca datang ke perpustakaan, kecuali …
A.       Menyediakan brosur tentang kegiatan yang ada di perpustakaan
B.       Mengadakan berbagai perlombaan di perpustakaan: membaca, mengga,bar, membaca puisi, dsb
C.       Menuliskan surat langsung sesuai alamat yang tertera di kartu anggota

36.    Dalam membuka ensiklopedi kita harus melihat pada …
A.       Indeks halaman
B.       Indeks subjek
C.       Susunan abjad subjek

37.    Dalam membuka kamus kita harus melihat ke …
A.       Indeks halaman
B.       Indeks subjek
C.       Indeks berantai

38.    Yang harus dipahami oleh pustakawan ialah …
A.       Tujuan layanan perpustakaan ialah melayani kepentingan pembaca
B.       Tunjangan fungsional sepantasnya saja
C.       Kepentingan umum harus diutamakan

39.  Seorang dosen sejarah Fakultas Sastra UI akan menulis tentang sejarah lahirnya Perjanjian Gianti. Ia harus melihat …
A.       Bibliografi nasional
B.       Katalog perpustakaan
C.       CD-ROM Sejarah Indonesia

40.    Agar perpustakaan berdiri sukses diperlukan …
A.       Dana yang memadai
B.       Seorang pemimpin yang gigih
C.       Gedung yang baik

41.    Pembinaan minat baca saat ini dipercayakan kepada …
A.       Guru
B.       Orang tua
C.       pustakawan

42. Karena sifatnya yang ingin selalu memenuhi kebutuhan anggotanya, perpustakaan bisa diibaratkan seperti …
A.       Rumah makan
B.       Koperasi
C.       Pasar ilmu

43.    Perpustakaan nasional Indonesia didirikan oleh …
A.       Mantan Presiden Soeharto
B.       Mastini Hardjoprakoso, MLS
C.       Dr. Daoed Joesoef

44.    Dalam membaca untuk belajar, maka …
A.       Jasmani kita harus aktif
B.       Pikiran kita harus aktif
C.       A dan B

45.    Seorang guru harus menguasai teknik membaca …
A.       Dengan sikap kritis
B.       Untuk belajar
C.       Secara global

46.    Memberi informasi secara berlebihan membuat pembaca …
A.       Menjadi puas dan senang
B.       Merasa dianggap bodoh
C.       Merasa dipuaskan

47.    Kenyamanan ruang baca dapat diperoleh dengan …
A.       Memasang AC secukupnya
B.       Mengatur sirkulasi udara, cahaya, dan cat ruangan dengan baik
C.       Menjaga kebersihan ruangan

48.    Layanan ruang baca tidak begitu bermanfaat bagi …
A.       Pembaca yang belum memiliki kartu anggota perpustakaan
B.       Interaksi positif antara pembaca dan pustakawan
C.       Pembaca yang bermaksud meminjam buku saja

49.    Fungsi perpustakaan adalah …
A.       Edukasi, rekreasi, dan informasi
B.       Edukasi, rekreasi, dan santai
C.       Edukasi, rekreasi, dan penyediaan bahan pustaka dengan cepat dan tepat

50.  Jika seseorang sudah mengetahui judul sebuah buku serta pengarangnya, dan hanya ingin mengeceknya saja kita melihat ke …
A.       Indeks
B.       Bibliografi
C.       Direktori


Tidak ada komentar:

Posting Komentar