Selasa, 27 Januari 2015



SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
WEBSITE 7 SEMESTER II
STMIK PRINGSEWU
2015


1.     Jadwal acara tatap muka,
2.     Indikator, topik, materi,
3.      Keterampilan kognitif,
*  K1 memahami
*  K2 mengaplikasi
*  K3 menganalisis
*  K4 mengevaluasi
4.     Keterampilan sikap/afektif,
*  A1 menerima
*  A2 menghargai
*  A3 mengembangkan paradigm/ pola berpikir
*  A4 mengaktualisasi (merefleksi) hasil belajar
*  A5 mengarakterisasi (merefleksi) hasil belajar
5.     Sumber belajar, dan
6.       Mekanisme pembelajaran.

Tatap Muka: 1
Indikator
Mahasiswa dapat menjelaskan:
*  SAP dan pokok bahasan mata kuliah bahasa Indonesia untuk satu semester;
*  Perkembangan bahasa Indonesia, kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia.
Topik
Topik 1: Pendahuluan, Perkembangan Bahasa Indonesia
Materi
Perkembangan bahasa Indonesia dan seluruh pokok bahasan perkuliahan.
Keterampilan
K1, A2, A4, A5
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran
Bahasa Indonesia: Topik 1
Mekanisme:
*  Dosen bersama mahasiswa mendiskusikan materi, tujuan, tugas mandiri, proses penilaian, disiplin berbahasa, sumber pustaka, tujuan mata kuliah, dan mekanisme pembelajaran;
*  Mahasiswa Dosen memberikan pretes dan mengevaluasi hasil pembelajaran bersama.

Tatap Muka: 2
Indikator
Mahasiswa dapat:
*  Menjelaskan arti dan fungsi bahasa
*  Menjelaskan kecerdasan berbahasa
*  Mengaplikasi ragam bahasa
Topik
Topik 2: Arti, Fungsi, dan Ragam Bahasa
Materi
Arti, fungsi, dan ragam bahasa, kecerdasan berbahasa, ragam ilmiah, etika ilmiah, perilaku unggulan dalam komunikasi ilmiah.
Keterampilan
K1, K2, K3, K4, A4, A5
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran
Bahasa Indonesia: Topik 2
Mekanisme:
*  Mahasiswa memehami arti bahasa, fungsi, dan ragam bahasa, kecerdasan dalam berbahasa;
*  Dosen bersama mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran dengan menganalisis dan membahas kasus;
* Dosen bersama mahasiswa mengevaluasi hasil belajar;
*   Mahasiswa mendapat tugas mandiri (TM).
Tatap Muka: 3
Indikator
Mahasiswa dapat:
* Menggunakan huruf kapital, huruf miring, menulis kata, frasa, dan kalimat berdasarkan ejaan baku.
Topik
Topik 3: Ejaan yang Disempurnakan
Materi
Pemakaian huruf, penulisan kata dan partikel, penulisan unsur serapan, lambang bilangan, dan tanda baca.
Keterampilan
K1, K2, K3, K4, A4, A5
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran
Bahasa Indonesia: Topik 3
Mekanisme:
*  Mahasiswa menjawab pertanyaan (soal) dari dosen;
*  Dosen memimpin mahasiswa mempelajari pemakaian huruf, penulisan kata dan partikel, penulisan unsur serapan, lambang bilangan, dan tanda baca; 
*  Dosen bersama mahasiswa mengevaluasi hasil belajar.
Tatap Muka: 4
Indikator
Mahasiswa dapat menjawab soal QUIS 1
Topik
QUIS 1
Materi
Perkembangan bahasa Indonesia; arti, fungsi, dan ragam bahasa; EYD.
Keterampilan
K1
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran
Bahasa Indonesia: Topik 1, Topik 2, dan Topik 3
Mekanisme:
*  Menjawab soal-soal QUIS 1
Tatap Muka: 5
Indikator
Mahasiswa dapat:
*  Menggunakan kata secara tepat dan sesuai dalam membuat sebuah kalimat.
Topik
Topik 4: Diksi
Materi
Ketepatan kata, kesesuaian kata, perubahan makna, efek ketatabahasaan pilihan kata.
Keterampilan
K1, K2, K3, K4, A4, A5
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran
Bahasa Indonesia: Topik 4
Mekanisme:
*   Mahasiswa menjawab pertanyaan dari dosen;
*    Dosen memimpin mahasiswa mempelajar dan mendiskusikan materi;
*    Dosen bersama mahasiswa mengevaluasi hasil belajar.
Tatap Muka: 6
Indikator
Mahasiswa dapat:
  Mengaplikasikan kelas kata, frasa, dan klausa dalam membuat kalimat baku;
*   Membuat kalimat efektif.
Topik
Topik 5: kalimat efektif.
Materi
Pengertian, pola frasa, klausa, unsur kalimat, struktur kalimat, kalimat efektif.
Keterampilan
K1, K2, K3, K4, A4, A5
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran
Bahasa Indonesia: Topik 5
Mekanisme:
*    Mahasiswa menjawab pertanyaan dari dosen;
*    Dosen memimpin mahasiswa mempelajari dan mendiskusikan materi;
*    Dosen bersama mahasiswa mengevaluasi hasil belajar.
Tatap Muka: 7
Indikator
Mahasiswa dapat:
*  Membuat paragraf sesuai dengan kaidah bahasa dengan memperhatikan kepaduan (kesatuan) dan hubungan kalimat.
Topik
Topik 7: paragraf
Materi
Hakikat paragraf, pikiran utama dan kalimat topik, syarat paragraf yang baik, pengembangan paragraf.
Keterampilan
K1, K2, K3, K4, A3, A4
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran
Bahasa Indonesia: Topik 6
Mekanisme:
*    Mahasiswa menjawab pertanyaan dari dosen;
*    Dosen memimpin mahasiswa mempelajari dan mendiskusikan materi;
*    Dosen bersama mahasiswa mengevaluasi hasil belajar.
Tatap Muka: 8
Indikator
Mahasiswa dapat menjawab soal Ujian  Tengah Semester (UTS)
Topik
UTS
Materi
Pertemuan pertama sampai dengan pertemuan ke-6
Keterampilan
K1, A4
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran
Bahasa Indonesia: Topik 1 – Topik 6
Mekanisme:
*  Menjawab soal-soal UTS
Tatap Muka: 9
Indikator
Mahasiswa dapat:
*  Menjelaskan penalaran, menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis penalaran;
*  Mengaplikasikannya dalam merencanakan dan menulis karangan.
Topik
Topik 7: penalaran karangan
Materi
Hakikat penalaran, jenis penalaran, dan fungsi penalaran dalam penulisan ilmiah.
Keterampilan
K1, K2, K3, K4, A3
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran
Bahasa Indonesia: Topik 7
Mekanisme:
*    Mahasiswa membaca dan memahami penalaran karangan;
*    Mahasiswa menjawab pertanyaan dari dosen;
*    Dosen dan mahasiswa mendiskusikan aplikasi jenis-jenis penalaran karangan;
*    Mahasiswa mengerjakan TM;
*    Dosen bersama mahasiswa mengevaluasi hasil belajar.
Tatap Muka: 10
Indikator
Mahasiswa dapat:
*    Menyusun perencanaan karangan: menentukan topik dan menyusun kerangkan karangan;
*   Menyunting naskah karangan;
*   Menyusun sistematika karya ilmiah.
Topik
Topik 8: Metode penulisan karya ilmiah
Materi
Pemilihan topik, penentuan judul karangan, pembuatan kerangka karya ilmiah, pengumpulan data, pengorganisasian, konvensi naskah, dan sistematika karya ilmiah.
Keterampilan
K1, K2, K3, K4, A1, A2, A3, A4
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran
Bahasa Indonesia: Topik 8
Mekanisme:
*      Mahasiswa membaca dan memahami konsep perencanaan karangan;
*     Dosen memimpin mahasiswa mendiskusikan materi;
*     Dosen bersama mahasiswa mengevaluasi hasil belajar bersama.
*     Mahasiswa mendapat tugas mandiri TM.
Tatap Muka: 11
Indikator
Mahasiswa dapat memahami pidato dan mampu berpidato.
Topik
Topik 9: Pidato
Materi
Kriteria berpidato, tata tertib dan etika berpidato, penulisan naskah pidato, penyuntingan naskah pidato, penyampaian pidato.
Keterampilan
K1, K2, K3, K4
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran
Bahasa Indonesia: Topik 9
Mekanisme:
*     Mahasiswa membaca dan memahami pidato;
*    Dosen memimpin mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran;
*    Dosen bersama mahasiswa mengevaluasi hasil belajar.
Tatap Muka: 12
Indikator
Mahasiswa dapat menjawab soal QUIS 2
Topik
QUIS 2
Materi
Penalaran karangan, metode penulisan karya ilmiah, pidato.
Keterampilan
K1, A4
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran
Bahasa Indonesia: Topik 7, Topik 8, dan Topik 9
Mekanisme:
*  Menjawab soal-soal QUIS 2
Tatap Muka: 13
Indikator
Mahasiswa dapat memahami dan membuat resensi.
Topik
Topik 10: resensi
Materi
Hakikat dan tujuan resensi, cara menulis resensi, materi dan langkah-langkah meresensi sebuah karya, sistematika resensi.
Keterampilan
K1, K2, K3, K4, A3, A4
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran
Bahasa Indonesia: Topik 10
Mekanisme:
*     Mahasiswa membaca dan memahami resensi;
*    Dosen memimpin mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran;
*    Dosen bersama mahasiswa mengevaluasi hasil belajar.
Tatap Muka: 14
Indikator
Mahasiswa dapat:
*      Menulis kutipan, saduran, disertai catatan kaki.
Topik
Topik 11: kutipan dan catatan kaki
Materi
Kutipan tanpa catatan kaki, kutipan disertai catatan kaki, penulisan catatan kaki.
Keterampilan
K1, K2, K3, K4, A3, A4, A5
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran
Bahasa Indonesia: Topik 11
*     Mahasiswa membaca dan memahami kutipan dan catatan kaki;
*    Dosen bersama mahasiswa mendiskusikan materi;
*    Mahasiswa mendapat tugas mandiri TM.
*    Dosen bersama mahasiswa mengevaluasi hasil belajar bersama.
Tatap Muka: 15
Indikator
Mahasiswa dapat menulis bibliografi
Topik
Topik 12: bibliografi
Materi
Penulisan bibliografi, dan penyusunan bibliografi.
Keterampilan
K1, K2, K3, K4, A3, A4, A5
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran
Bahasa Indonesia: Topik 12
*     Mahasiswa membaca dan memahami bibliografi;
*    Dosen memimpin mahasiswa mendiskusikan materi;
*    Mahasiswa mendapat tugas mandiri TM.
*     Dosen bersama mahasiswa mengevaluasi hasil belajar bersama.
Tatap Muka: 16
Indikator
Mahasiswa dapat menjawab soal UAS
Topik
UAS
Materi
Topik ke-4 s.d. 12
Keterampilan
K1, A4
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Mekanisme:
*  Menjawab soal-soal QUIS 2
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar