SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
WEBSITE 7 SEMESTER II
STMIK PRINGSEWU
2015
1. Jadwal
acara tatap muka,
2. Indikator,
topik, materi,
3. Keterampilan
kognitif,
* K1
memahami
* K2
mengaplikasi
* K3
menganalisis
* K4
mengevaluasi
4. Keterampilan
sikap/afektif,
* A1
menerima
* A2
menghargai
* A3 mengembangkan
paradigm/ pola berpikir
* A4
mengaktualisasi (merefleksi) hasil belajar
* A5
mengarakterisasi (merefleksi) hasil belajar
5. Sumber
belajar, dan
6. Mekanisme
pembelajaran.
Tatap
Muka: 1
|
|
Indikator
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan:
* SAP
dan pokok bahasan mata kuliah bahasa Indonesia untuk satu semester;
* Perkembangan
bahasa Indonesia, kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia.
|
Topik
|
Topik
1: Pendahuluan, Perkembangan Bahasa Indonesia
|
Materi
|
Perkembangan
bahasa Indonesia dan seluruh pokok bahasan perkuliahan.
|
Keterampilan
|
K1,
A2, A4, A5
|
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran |
Bahasa Indonesia: Topik 1
Mekanisme:
* Dosen
bersama mahasiswa mendiskusikan materi, tujuan, tugas mandiri, proses
penilaian, disiplin berbahasa, sumber pustaka, tujuan mata kuliah, dan
mekanisme pembelajaran;
* Mahasiswa
Dosen memberikan pretes dan mengevaluasi hasil pembelajaran bersama.
|
Tatap
Muka: 2
|
|
Indikator
|
Mahasiswa
dapat:
* Menjelaskan
arti dan fungsi bahasa
* Menjelaskan
kecerdasan berbahasa
* Mengaplikasi
ragam bahasa
|
Topik
|
Topik
2: Arti, Fungsi, dan Ragam Bahasa
|
Materi
|
Arti,
fungsi, dan ragam bahasa, kecerdasan berbahasa, ragam ilmiah, etika ilmiah,
perilaku unggulan dalam komunikasi ilmiah.
|
Keterampilan
|
K1,
K2, K3, K4, A4, A5
|
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran |
Bahasa
Indonesia: Topik 2
Mekanisme:
* Mahasiswa
memehami arti bahasa, fungsi, dan ragam bahasa, kecerdasan dalam berbahasa;
* Dosen
bersama mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran dengan menganalisis dan
membahas kasus;
* Dosen
bersama mahasiswa mengevaluasi hasil belajar;
* Mahasiswa
mendapat tugas mandiri (TM).
|
Tatap
Muka: 3
|
|
Indikator
|
Mahasiswa
dapat:
* Menggunakan
huruf kapital, huruf miring, menulis kata, frasa, dan kalimat berdasarkan
ejaan baku.
|
Topik
|
Topik
3: Ejaan yang Disempurnakan
|
Materi
|
Pemakaian
huruf, penulisan kata dan partikel, penulisan unsur serapan, lambang
bilangan, dan tanda baca.
|
Keterampilan
|
K1,
K2, K3, K4, A4, A5
|
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran |
Bahasa
Indonesia: Topik 3
Mekanisme:
* Mahasiswa
menjawab pertanyaan (soal) dari dosen;
* Dosen
memimpin mahasiswa mempelajari pemakaian huruf, penulisan kata dan partikel,
penulisan unsur serapan, lambang bilangan, dan tanda baca;
* Dosen
bersama mahasiswa mengevaluasi hasil belajar.
|
Tatap
Muka: 4
|
|
Indikator
|
Mahasiswa
dapat menjawab soal QUIS 1
|
Topik
|
QUIS
1
|
Materi
|
Perkembangan
bahasa Indonesia; arti, fungsi, dan ragam bahasa; EYD.
|
Keterampilan
|
K1
|
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran |
Bahasa
Indonesia: Topik 1, Topik 2, dan Topik 3
Mekanisme:
* Menjawab
soal-soal QUIS 1
|
Tatap
Muka: 5
|
|
Indikator
|
Mahasiswa
dapat:
* Menggunakan
kata secara tepat dan sesuai dalam membuat sebuah kalimat.
|
Topik
|
Topik
4: Diksi
|
Materi
|
Ketepatan
kata, kesesuaian kata, perubahan makna, efek ketatabahasaan pilihan kata.
|
Keterampilan
|
K1,
K2, K3, K4, A4, A5
|
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran |
Bahasa
Indonesia: Topik 4
Mekanisme:
* Mahasiswa
menjawab pertanyaan dari dosen;
* Dosen
memimpin mahasiswa mempelajar dan mendiskusikan materi;
* Dosen
bersama mahasiswa mengevaluasi hasil belajar.
|
Tatap
Muka: 6
|
|
Indikator
|
Mahasiswa
dapat:
* Mengaplikasikan
kelas kata, frasa, dan klausa dalam membuat kalimat baku;
* Membuat
kalimat efektif.
|
Topik
|
Topik
5: kalimat efektif.
|
Materi
|
Pengertian,
pola frasa, klausa, unsur kalimat, struktur kalimat, kalimat efektif.
|
Keterampilan
|
K1,
K2, K3, K4, A4, A5
|
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran |
Bahasa
Indonesia: Topik 5
Mekanisme:
* Mahasiswa
menjawab pertanyaan dari dosen;
* Dosen
memimpin mahasiswa mempelajari dan mendiskusikan materi;
* Dosen
bersama mahasiswa mengevaluasi hasil belajar.
|
Tatap
Muka: 7
|
|
Indikator
|
Mahasiswa
dapat:
* Membuat
paragraf sesuai dengan kaidah bahasa dengan memperhatikan kepaduan (kesatuan)
dan hubungan kalimat.
|
Topik
|
Topik
7: paragraf
|
Materi
|
Hakikat
paragraf, pikiran utama dan kalimat topik, syarat paragraf yang baik,
pengembangan paragraf.
|
Keterampilan
|
K1,
K2, K3, K4, A3, A4
|
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran |
Bahasa
Indonesia: Topik 6
Mekanisme:
* Mahasiswa
menjawab pertanyaan dari dosen;
* Dosen
memimpin mahasiswa mempelajari dan mendiskusikan materi;
* Dosen
bersama mahasiswa mengevaluasi hasil belajar.
|
Tatap
Muka: 8
|
|
Indikator
|
Mahasiswa
dapat menjawab soal Ujian Tengah
Semester (UTS)
|
Topik
|
UTS
|
Materi
|
Pertemuan
pertama sampai dengan pertemuan ke-6
|
Keterampilan
|
K1,
A4
|
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran |
Bahasa
Indonesia: Topik 1 – Topik 6
Mekanisme:
* Menjawab
soal-soal UTS
|
Tatap
Muka: 9
|
|
Indikator
|
Mahasiswa
dapat:
* Menjelaskan
penalaran, menyebutkan dan menjelaskan jenis-jenis penalaran;
* Mengaplikasikannya
dalam merencanakan dan menulis karangan.
|
Topik
|
Topik
7: penalaran karangan
|
Materi
|
Hakikat
penalaran, jenis penalaran, dan fungsi penalaran dalam penulisan ilmiah.
|
Keterampilan
|
K1,
K2, K3, K4, A3
|
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran |
Bahasa
Indonesia: Topik 7
Mekanisme:
* Mahasiswa
membaca dan memahami penalaran karangan;
* Mahasiswa
menjawab pertanyaan dari dosen;
* Dosen
dan mahasiswa mendiskusikan aplikasi jenis-jenis penalaran karangan;
* Mahasiswa
mengerjakan TM;
* Dosen
bersama mahasiswa mengevaluasi hasil belajar.
|
Tatap
Muka: 10
|
|
Indikator
|
Mahasiswa
dapat:
* Menyusun
perencanaan karangan: menentukan topik dan menyusun kerangkan karangan;
* Menyunting
naskah karangan;
* Menyusun
sistematika karya ilmiah.
|
Topik
|
Topik
8: Metode penulisan karya ilmiah
|
Materi
|
Pemilihan
topik, penentuan judul karangan, pembuatan kerangka karya ilmiah, pengumpulan
data, pengorganisasian, konvensi naskah, dan sistematika karya ilmiah.
|
Keterampilan
|
K1,
K2, K3, K4, A1, A2, A3, A4
|
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran |
Bahasa
Indonesia: Topik 8
Mekanisme:
* Mahasiswa
membaca dan memahami konsep perencanaan karangan;
* Dosen
memimpin mahasiswa mendiskusikan materi;
* Dosen
bersama mahasiswa mengevaluasi hasil belajar bersama.
* Mahasiswa
mendapat tugas mandiri TM.
|
Tatap
Muka: 11
|
|
Indikator
|
Mahasiswa
dapat memahami pidato dan mampu berpidato.
|
Topik
|
Topik
9: Pidato
|
Materi
|
Kriteria
berpidato, tata tertib dan etika berpidato, penulisan naskah pidato,
penyuntingan naskah pidato, penyampaian pidato.
|
Keterampilan
|
K1,
K2, K3, K4
|
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran |
Bahasa
Indonesia: Topik 9
Mekanisme:
* Mahasiswa
membaca dan memahami pidato;
* Dosen
memimpin mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran;
* Dosen
bersama mahasiswa mengevaluasi hasil belajar.
|
Tatap
Muka: 12
|
|
Indikator
|
Mahasiswa
dapat menjawab soal QUIS 2
|
Topik
|
QUIS
2
|
Materi
|
Penalaran
karangan, metode penulisan karya ilmiah, pidato.
|
Keterampilan
|
K1,
A4
|
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran |
Bahasa
Indonesia: Topik 7, Topik 8, dan Topik 9
Mekanisme:
* Menjawab
soal-soal QUIS 2
|
Tatap
Muka: 13
|
|
Indikator
|
Mahasiswa
dapat memahami dan membuat resensi.
|
Topik
|
Topik
10: resensi
|
Materi
|
Hakikat
dan tujuan resensi, cara menulis resensi, materi dan langkah-langkah
meresensi sebuah karya, sistematika resensi.
|
Keterampilan
|
K1,
K2, K3, K4, A3, A4
|
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran |
Bahasa
Indonesia: Topik 10
Mekanisme:
* Mahasiswa
membaca dan memahami resensi;
* Dosen
memimpin mahasiswa mendiskusikan materi pembelajaran;
* Dosen
bersama mahasiswa mengevaluasi hasil belajar.
|
Tatap
Muka: 14
|
|
Indikator
|
Mahasiswa
dapat:
* Menulis
kutipan, saduran, disertai catatan kaki.
|
Topik
|
Topik
11: kutipan dan catatan kaki
|
Materi
|
Kutipan
tanpa catatan kaki, kutipan disertai catatan kaki, penulisan catatan kaki.
|
Keterampilan
|
K1,
K2, K3, K4, A3, A4, A5
|
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran |
Bahasa
Indonesia: Topik 11
* Mahasiswa
membaca dan memahami kutipan dan catatan kaki;
* Dosen
bersama mahasiswa mendiskusikan materi;
* Mahasiswa
mendapat tugas mandiri TM.
* Dosen
bersama mahasiswa mengevaluasi hasil belajar bersama.
|
Tatap
Muka: 15
|
|
Indikator
|
Mahasiswa
dapat menulis bibliografi
|
Topik
|
Topik
12: bibliografi
|
Materi
|
Penulisan
bibliografi, dan penyusunan bibliografi.
|
Keterampilan
|
K1,
K2, K3, K4, A3, A4, A5
|
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran |
Bahasa
Indonesia: Topik 12
* Mahasiswa
membaca dan memahami bibliografi;
* Dosen
memimpin mahasiswa mendiskusikan materi;
* Mahasiswa
mendapat tugas mandiri TM.
* Dosen
bersama mahasiswa mengevaluasi hasil belajar bersama.
|
Tatap
Muka: 16
|
|
Indikator
|
Mahasiswa
dapat menjawab soal UAS
|
Topik
|
UAS
|
Materi
|
Topik
ke-4 s.d. 12
|
Keterampilan
|
K1,
A4
|
Sumber Bahasan dan
Mekanisme Pembelajaran |
Bahasa
Indonesia
Mekanisme:
* Menjawab
soal-soal QUIS 2
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar