Selasa, 27 Januari 2015

Pengantar Kuliah



PENGANTAR KULIAH

Nama Mata Kuliah   : Pembinaan Bahasa Indonesia
Kode Mata Kuliah    : MKDU 2244
Jurusan/ Prodi          : Sistem Informasi dan Manajemen Informatika
Dosen Pengampu   : Dian Puspita, M.Pd.
Semester/ Tahun     : II (dua)/ 2015
Hari / Waktu             : Selasa/ 13.00 – 15.00
Ruang                      : Website 7            

1.     Deskripsi Mata Kuliah
Sejak 2002 bahasa Indonesia ditetapkan sebagai mata kuliah wajib bagi mahasiswa di perguruan tinggi. Berdasarkan amanat UUD 1945 bahwa bahasa Indonesia sebagai bahasa negara, UU No. 20/2003 dan PP No. 19/2005 menetapkan bahwa bahasa Indonesia sebagai mata kuliah wajib di seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta. Secara operasional, SK Dikti No. 43 Tahun 2006 mengukuhkan bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Pengembang Kepribadian (MPK).

Hal ini, selain untuk mengembangkan kepribadian, juga untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi ilmiah bagi mahasiswadan ilmuwan lulusan perguruan tinggi. Pengalaman membuktikan bahwa jumlah penulisan buku ilmiah di Indonesia relatif kecil. Di sisi lain, hampir setiap mahasiswa mengeluh jika mendapat tugas dari dosen untuk menulis makalah, kertas kerja (paper), atau karangan ilmiah lainnya. Bahasa yang digunakan juga belum memenuhi harapan.

Sebagai mata kuliah pengembang kepribadian, pengajaran bahasa Indonesia bertujuan agar mahasiswa memahami konsep penulisan ilmiah dan mampu menerapkannya dalam penulisan karya ilmiahnya. Oleh karena itu, mahasiswa dibekali berbagai keterampilan kognitif, psikomotorik, dan afektif yang terkait dengan penggunaan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi yang sekaligus dapat mengembangkan kecerdasan, karakter, dan kepribadiannya.

2.     Visi dan Misi Bahasa Indonesia MPK
Visi: menjadikan bahasa Indonesia sebagai salah satu sarana pengembangan kepribadian insane terpelajar yang mahir berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan santun.

Misi: (a) membina mahasiswa bangga berbahasa Indonesia dalam berbagai forum dan bertanggung jawab untuk memeliharanya dengan sungguh-sungguh; (b) memotivasi mahasiswa merefleksikan nilai-nilai budaya melalui bahasa persatuannya dalam kehidupan sehari-hari; (c) membina pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi semakin berkualitas sesuai dengan  tuntutan mahasiswa; (d) mengupayakan kemahiran bahasa Indonesia melalui pembelajaran yang berkualitas dalam menggunakan bahasa Indonesia dan mengaplikasikannya bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, dan budaya dengan rasa tanggung jawab sebagai warga negara Indonesia.

3.     Standar Kompetensi
Kompetensi umum: mahasiswa mampu mengungkapkan pikiran dan gagasan secara efektif, efisien, dan komunikatif dalam menulis ilmiah, laporan, surat, proposal, dan mampu berbahasa lisan dalam berbagai berbahasa lisan secara spontan maupun terencana.

Kompetensi khusus: mahasiswa berpengetahuan memadai dan merasa bangga tentang perkembangan bahasa Indonesia, arti, sejarah, kedudukan, fungsi bahasa Indonesia; mampu menjelaskan ciri ragam bahasa ilmiah dan mengaplikasikannya dalam kinerja akademik; mampu membaca kritis bagi keperluan penulisan ilmiah dan kegiatan akademis; mampu menjelaskan ciri-ciri makalah akademik, artikel, laporan, proposal, surat resmi, naskah, dan praktik berpidato, berdiskusi yang efektif, efisien, dan komunikatif; mengaplikasi proses penulisan makalah ilmiah, artikel, laporan, proposal, surat resmi, dan naskah pidato dengan ragam bahasa baku; mengaplikasi langkah-langkah presentasi ilmiah secara efektif dan menarik dalam situasi formal; dan terampil menyajikan presentasi ilmiah dengan multimedia (Syiahbuddin, 2006 (2): 2-3)

4.     Pendekatan Pembelajaran
a.      Pendekatan materi
b.      Pendekatan mahasiswa aktif
c.      Pendekatan interaktif dan kooperatif
d.      Pendekatan kontekstual

5.     Evaluasi
a.     Latihan , tugas harian, makalah 30%
b.     UTS 30%
c.      UAS 40%

6.     Strategi perkuliahan
a.     Ceramah
b.     Diskusi
c.      Latihan
d.     Presentasi
e.     Penugasan dan lain-lain

7.     Sumber Kepustakaan
Alwi Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka

Arifin, Zaenal E. 2000. Dasar-dasar Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta: Grasindo.

Akhadiah MK., Sabarti. 1985. Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka Deperteman Pendidikan dan Kebudayaan.

Akhdiah, Sabarti dkk. 1997. Menulis. Jakarta: Pusat pembinaan dan Penembangan Bahasa, Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.
Alwi, Hasan dkk. (Ed.). 2000. Bahasa Indonesia dalam Era Globalisasi: Pemantapan Peranan Bahasa Sebagai Sarana Pembangunan Bahasa. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional.

Kawira, Lita Pamela. 2004. Kerangka Karangan dan Paragraf. Makalah PPBI: Jakarta.

Keraf, Gorys. 1984. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. Ende Flores: Nusa
      Indah.

Kridalaksana, Harimurti. 1987. Fungsi Bahasa dan Sikap Bahasa. Ende-Flores: Nusa Indah.

Nasution, S. 2004. Metode Reseach: Penelitian Ilmiah. Medan: Bumi Aksara.

Tarigan, Djago. 1986. Membina Menulis Paragraf dan Pengmbanganya. Bandung: Angkasa.

Waridah, Ernawati. 2008. EYD dan SeputarKebahasaan Indonesia. Jakarta: Kawan Pustaka.

8.     Silabus
Untuk mencapai puncak kemampuan tersebut, materi kuliah disusun berdasarkan silabus sebagai berikut:
a.     Perkembangan bahasa Indonesia,
b.     Kecerdasan berbahasa dalam berbagai ragam-ragam bahasa, terutama tema ragam bahasa ilmiah,
c.      Ejaan baku,
d.     Diksi,
e.     Kalimat efektif,
f.       Paragraf,
g.     Penalaran karangan,
h.     Metode karya ilmiah,
i.       Pidato,
j.       Resensi,
k.      Kutipan dan catatan kaki, dan 
l.    Bibliografi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar