PENGANTAR
KULIAH
Nama Mata Kuliah : Pembinaan Bahasa Indonesia
Kode Mata Kuliah : MKDU 2244
Jurusan/ Prodi : Sistem Informasi dan Manajemen Informatika
Dosen Pengampu : Dian Puspita, M.Pd.
Semester/ Tahun : II (dua)/ 2015
Hari / Waktu :
Selasa/ 13.00 – 15.00
Ruang : Website 7
1.
Deskripsi
Mata Kuliah
Sejak 2002 bahasa Indonesia ditetapkan
sebagai mata kuliah wajib bagi mahasiswa di perguruan tinggi. Berdasarkan
amanat UUD 1945 bahwa bahasa Indonesia sebagai bahasa negara, UU No. 20/2003
dan PP No. 19/2005 menetapkan bahwa bahasa Indonesia sebagai mata kuliah wajib
di seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta. Secara operasional, SK Dikti No.
43 Tahun 2006 mengukuhkan bahasa Indonesia sebagai Mata Kuliah Pengembang
Kepribadian (MPK).
Hal ini, selain untuk mengembangkan
kepribadian, juga untuk menjadikan bahasa Indonesia sebagai sarana komunikasi
ilmiah bagi mahasiswadan ilmuwan lulusan perguruan tinggi. Pengalaman
membuktikan bahwa jumlah penulisan buku ilmiah di Indonesia relatif kecil. Di
sisi lain, hampir setiap mahasiswa mengeluh jika mendapat tugas dari dosen untuk
menulis makalah, kertas kerja (paper), atau karangan ilmiah lainnya. Bahasa
yang digunakan juga belum memenuhi harapan.
Sebagai mata kuliah pengembang kepribadian,
pengajaran bahasa Indonesia bertujuan agar mahasiswa memahami konsep penulisan
ilmiah dan mampu menerapkannya dalam penulisan karya ilmiahnya. Oleh karena
itu, mahasiswa dibekali berbagai keterampilan kognitif, psikomotorik, dan
afektif yang terkait dengan penggunaan bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi
yang sekaligus dapat mengembangkan kecerdasan, karakter, dan kepribadiannya.
2.
Visi
dan Misi Bahasa Indonesia MPK
Visi: menjadikan bahasa
Indonesia sebagai salah satu sarana pengembangan kepribadian insane terpelajar
yang mahir berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan santun.
Misi: (a) membina
mahasiswa bangga berbahasa Indonesia dalam berbagai forum dan bertanggung jawab
untuk memeliharanya dengan sungguh-sungguh; (b) memotivasi mahasiswa
merefleksikan nilai-nilai budaya melalui bahasa persatuannya dalam kehidupan
sehari-hari; (c) membina pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi
semakin berkualitas sesuai dengan
tuntutan mahasiswa; (d) mengupayakan kemahiran bahasa Indonesia melalui
pembelajaran yang berkualitas dalam menggunakan bahasa Indonesia dan
mengaplikasikannya bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, dan
budaya dengan rasa tanggung jawab sebagai warga negara Indonesia.
3.
Standar
Kompetensi
Kompetensi umum:
mahasiswa mampu mengungkapkan pikiran dan gagasan secara efektif, efisien, dan
komunikatif dalam menulis ilmiah, laporan, surat, proposal, dan mampu berbahasa
lisan dalam berbagai berbahasa lisan secara spontan maupun terencana.
Kompetensi khusus:
mahasiswa berpengetahuan memadai dan merasa bangga tentang perkembangan bahasa
Indonesia, arti, sejarah, kedudukan, fungsi bahasa Indonesia; mampu menjelaskan
ciri ragam bahasa ilmiah dan mengaplikasikannya dalam kinerja akademik; mampu
membaca kritis bagi keperluan penulisan ilmiah dan kegiatan akademis; mampu
menjelaskan ciri-ciri makalah akademik, artikel, laporan, proposal, surat
resmi, naskah, dan praktik berpidato, berdiskusi yang efektif, efisien, dan
komunikatif; mengaplikasi proses penulisan makalah ilmiah, artikel, laporan,
proposal, surat resmi, dan naskah pidato dengan ragam bahasa baku; mengaplikasi
langkah-langkah presentasi ilmiah secara efektif dan menarik dalam situasi
formal; dan terampil menyajikan presentasi ilmiah dengan multimedia (Syiahbuddin,
2006 (2): 2-3)
4.
Pendekatan
Pembelajaran
a. Pendekatan
materi
b. Pendekatan
mahasiswa aktif
c. Pendekatan
interaktif dan kooperatif
d. Pendekatan
kontekstual
5.
Evaluasi
a. Latihan
, tugas harian, makalah 30%
b. UTS
30%
c. UAS 40%
6.
Strategi
perkuliahan
a. Ceramah
b. Diskusi
c. Latihan
d. Presentasi
e. Penugasan
dan lain-lain
7.
Sumber
Kepustakaan
Alwi
Hasan. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai
Pustaka
Arifin,
Zaenal E. 2000. Dasar-dasar Penulisan
Karangan Ilmiah. Jakarta: Grasindo.
Akhadiah
MK., Sabarti. 1985. Bahasa Indonesia.
Jakarta: Universitas Terbuka Deperteman Pendidikan dan Kebudayaan.
Akhdiah,
Sabarti dkk. 1997. Menulis. Jakarta:
Pusat pembinaan dan Penembangan Bahasa, Departeman Pendidikan dan Kebudayaan.
Alwi,
Hasan dkk. (Ed.). 2000. Bahasa Indonesia
dalam Era Globalisasi: Pemantapan Peranan Bahasa Sebagai Sarana Pembangunan
Bahasa. Jakarta: Departeman Pendidikan Nasional.
Kawira,
Lita Pamela. 2004. Kerangka Karangan dan Paragraf. Makalah PPBI: Jakarta.
Keraf,
Gorys. 1984. Komposisi: Sebuah Pengantar
Kemahiran Berbahasa. Ende Flores: Nusa
Indah.
Kridalaksana,
Harimurti. 1987. Fungsi Bahasa dan Sikap
Bahasa. Ende-Flores: Nusa Indah.
Nasution,
S. 2004. Metode Reseach: Penelitian
Ilmiah. Medan: Bumi Aksara.
Tarigan,
Djago. 1986. Membina Menulis Paragraf dan
Pengmbanganya. Bandung: Angkasa.
Waridah,
Ernawati. 2008. EYD dan SeputarKebahasaan
Indonesia. Jakarta: Kawan Pustaka.
8.
Silabus
Untuk mencapai puncak
kemampuan tersebut, materi kuliah disusun berdasarkan silabus sebagai berikut:
a.
Perkembangan bahasa Indonesia,
b.
Kecerdasan berbahasa dalam berbagai
ragam-ragam bahasa, terutama tema ragam bahasa ilmiah,
c.
Ejaan baku,
d.
Diksi,
e.
Kalimat efektif,
f.
Paragraf,
g.
Penalaran karangan,
h.
Metode karya ilmiah,
i.
Pidato,
j.
Resensi,
k.
Kutipan dan catatan kaki, dan
l. Bibliografi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar